Home » » IYYA KANA'BUDU WA IYYA KANASTAIN

IYYA KANA'BUDU WA IYYA KANASTAIN


"Hanya kepada-Mu lah saya beribadah, dan hanya kepada-Mu lah saya memohon pertolongan." demikian adalah arti dari pada ayat Alquran surat Al fatekhah  yang berbunyi "IYYA KANA'BUDU WA IYYA KANASTA'IN". Di ayat tersebut sudah jelas "BERIBADAHLAH DULU BARU MEMOHON PERTOLONGAN". Tapi kebanyakan yang terjadi adalah "Memohon pertolongan dahulu jika di kabulkan baru akan beribadah". Contoh kasus, jika ada orang yang sakit kemudian nadzar seperti ini, "Jika saya sembuh dari penyakit ini maka saya akan membangun Masjid" "Jika tanah ini terjual saya akan sedekah sekian juta" "Jika bisnis saya sukses maka saya akan menyantuni anak yatim". Dan masih banyak di kalangan umat yg mendahulukan permintaan daripada mendahulukan Ibadah.

Mengutip dari apa yang di sampaikan oleh Abah Ali atau yang sering di panggil Gus Ali Gondrong sewaktu mengisi pengajian Mafia Sholawat di Desa Ngancar, Kec Pitu, Kab Ngawi beberapa hari yang lalu. Nadzar-nadzar seperti itu sebenernya keliru besar, Bukankah Allah swt sudah jelas-jelas  memerintahkan kita untuk beribadah dulu baru meminta pertolongan, sebagaimana bunyi ayat di atas...???  akan tetapi itulah yang terjadi di sekitar kita termasuk penulis artikel ini sendiri, memohon pertolongan dulu baru beribadah. 

Dimulai dari sekarang mari sama-sama memperbaiki diri, mendahulukan Ibadah kemudian baru meomohon pertolongan. Penulis juga masih belajar utk menjadi manusia yang lebih baik lagi, karena penulis sadar penuh bahwa penulis adalah makhluk Dhoif yang masih perlu bimbingan. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua. Aamiin.......

Ditambahkan lagi oleh Gus Ali bahwa jika kita ingin kaya sedekahlah dulu, jangan menunggu kaya baru sedekah. Amalan ini bukanlah amalan enteng, tapi amalan yang sangat berat. Bagaimana tidak berat, kita disuruh sedekah saat kita juga butuh uang. Penulis sendiri merasakan berat sekali amalan ini, padahal Allah sudah berfirman dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 7 yang artinya "Barangsiapa yang mensyukuri nikmat-Ku maka akan Ku tambahkan nikmat baginya.Dan barangsiapa yang mengkufuri nikmat-Ku, maka sesungguhnya Adzab-Ku sangatlah pedih." Janji Allah tak pernah di ingkari.


Sobat dimanapun anda berada saat ini semoga kita semua termasuk insan-insan yang yang pandai bersyukur. Aamiin.

jika artikel ini di rasa ber manfaat bagi anda mohon sekiranya anda untuk men Share artikel ini ke temen-tmen yang lain. Terimaksih.






0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.