Alt/Text Gambar
Home » » Waspada..... Kencing Manis Mengintai Anda, Cegah Sejak Dini..!!

Waspada..... Kencing Manis Mengintai Anda, Cegah Sejak Dini..!!


Siapa sih yang ingin sakit, semua orang pasti ingin terhindar suatu penyakit. Sekaya apapun jika badan kita sakit-sakitan maka kita tidak akan merasakan kebahagiaan. Sehat itu mahal harganya, karena jika kita terkena suatu penyakit berapapun biayanya akan di keluarkan untuk biaya perobatan. Sehat adalah nikmat yang tidak ternilai harganya, namun masih banyak orang yang kurang mensyukuri nikmat yang satu ini. Sebelum membahas lebih lanjut tentang pokok bahasan, mari kita sama-sama mengucapkan syukur terlebih dahulu karena hingga hari ini anda dan penulis masih di beri kesehatan lahir dan batin. Alhamdulillahirobbil Allamiin..............., Terimakasih Tuhan atas Nikmat-Mu hari ini.

Waspada..... Kencing Manis Mengintai Anda, Cegah Sejak Dini..!! Kencing manis atau Diabetes Mellitus merupakan penyakit yang sangat menakutkan yang bisa menimpa siapa saja tak kenal kaya dan miskin. Penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus adalah penyakit yang dimana kadar glukosa di dalam darah mengalami peningkatan karena tubuh tidak dapat melepaskan atau mengunakan insulin secara cukup. Insulin adalah hormon yang di lepaskan oleh pankreas, yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula yang normal, insulin memasukkan gula ke dalam sel sehinnga bisa menghasilkan energi atau di simpan sebagai cadangan energi.

Nilai normal laboratorium kadar gula darah adalah 70-110 mg/dl sewaktu menjalankan ibadah puasa, sementara nilai normal di angka 70-145 mg/dl akan di dapatkan ketika 2 jam setelah makan. Menurut jenisnya Kencing manis/Diabetes Mellitus terbagi menjadi 3 golongan/tipe:

A. IDDM (Insulin Dependent Diabetes Mellitus)
     Kencing manis tipe ini disebabkan oleh faktor keturunan (genetik), kekurangan zat gizi pada anak, penyakit autonium, infeksi virus serta menurunnya kuantitas (jumlah) insulin. DM(Diabetes Mellitus) tipe ini bisa menyerang anak-anak dan dewasa.

B. NIDDM ( Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus)
    Pada umumnya DM tipe ini juga di sebabkan oleh fakor genetik, kegemukan serta menurunnya kualitas kan kauntitas hormon insulin, data menunjukkan bahwa 80-90% penyakit DM mengalami overweight (kelebihan berat badan).

C. Gestasional Diabetes Mellitus (GDM)
    DM jenis ini umumnya terjadi hanya pada masa kehamilan dan akan pulih kembali setelah melahirkan. GDM mungkin dapat merusak kesehatan janin atau ibu. Dan sekitar 20-50% dari wanita penderita GDM bisa bertahan hidup.

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus
  Gejala yang sering timbul dari penderita DM yang tidak di obati adalah sering hilangnya berat badan secara berlebihan, sering kencing, sering haus, sering lapar meskipun banyak makan tapi masih lemas dan tidak bertenaga dan jika mengalami luka lambat sembuhnya.

Pencegahan yang harus di lakukan adalah...

1. Menjaga berat badan ideal.
2. Hindari konsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan, (gula pasir, selai, cake, sirup, soft drink) dan perbanyak mengkonsumsi kompleks (padi-padian, umbi-umbian, sagu dan serat).
3.Tingkatkan olahraga yang berfungsi untuk membakar kadar gula yang berlebih dalam darah.

Catatan Penting :
Penyakit Diabetes mellitus akan di turunkan bila ke dua orang tuanya penderita Diabetes Mellitus berat dan Informarsi dalam artikel yang berjudul  ""Waspada..... Kencing Manis Mengintai Anda, Cegah Sejak Dini..!!"" ini di tulis bertujuan untuk mengenali penyakit Diabetes mellitus sejak dini, dan artikel ini hanya sebatas ilmu dasar tentang penyakit DM. dan jika anda mengalami gejala-gejala di atas segera konsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati...

0 komentar:

Pecinta Sholawat. Powered by Blogger.